Tahapan Pertumbuhan Bayi Di Dalam Kandungan

Sebagai seorang ibu hamil tentunya selalu ingin tau keadaan janin yang dikandungnya, timbulnya rasa ingin tau tersebut mendorong seorang ibu untuk selalu memeriksakan kandungannya. Hal itu dilakukan karena seorang ibu ingin mengetahui pertumbuhan bayi yang ada dalam kandunganya yang kelak akan menjadi anak yang akan selalu dilindunginya.
Untuk itu penulis membagi informasi mengenai tahapan pertumbuhan bayi di dalam kandungan mulai dari 1bulan sampai 9 bulan lebih. Berikut tahapanya.

1 bulan
Pada usia ini bayi bunda memulai pembentukannya jadi sangat penting agar bunda selalu makan makanan gizi seimbang dan minum vitamin yang di sarankan oleh bidan ataupun dokter, pembentukan yang terjadi pada bulan ini yakni adanya pembentukan mata, hidung dan telinga dan panjang bayi anda yakni 7,5 sampai dengang 10 mm, masih sangat kecil sekali maka dari itu bunda harus selalu menjaganya.

2 bulan
Pembentukan mata, telinga dan hidung pun terus berlangsung seperti hakikatnya pertumbuhan kita mulai dari kecil hingga menjadi dewasa. Pada usia 2 bulan panjang janin anda mengalami kemajuan yakni hingga 2,5 cm.

3 bulan
Sama halnya dengan usia 2 bulan yakni pembentukan mata, telinga dan hidung. Akan tetapi pada tahap ini pembentukan menjadi lebih tampak dan jelas karena adanya perubahan yakni kelopak mata sudah mulai melekat, adanya pembentukan leher, daun telinga yang tanpak menjadi jelas. Panjang janin pun mulai bertambah sampai 9 cm. Pada bulan-bulan ini pun ibu hamil mengalami mual muntah sehingga menimbulkan rasa tidak nafsu makan, hal ini tidak harus di biarkan karena jika di biarkan ibu dan janin akan mengalami kurang nutrisi sehingga menyebabkan sesuatu yang tidak di inginkan jika terus berlanjut. Maka dari itu makan sedikit tapi sering agar nutrisi ibu dan bayi tetap terjaga.

Tahapan Pertumbuhan Bayi Di Dalam Kandungan
4 bulan
Usia 4 bulan alat kelamin sudah terbentuk baik laki-laki maupun perempuan, kulit bayi tipis dan bewarna merah. Pada usia ini ibu hamil mulai beradaptasi dengan keadaan dirinya jadi ibu hamil lebih memerhatikan keadaannya dan janin yang dikandunganya.pada tahap ini janin sudah mencapai 16-18 cm.

5 bulan
Pada bulan ini panjang janin mencapai 25 cm, yang pada mulanya kulit janin tipis dan pada bulan ini kulit janin berubah menjadi tebal, rambut-rambut halus sudah mulai terbentuk da tumbuh di kulit kepala janin.

6 bulan
Setelah pada bulan ke lima tumbuh rambut, dan akhirnya pada bulan ini yakni tumbuhlah alis di kedua kelopak mata, kulitpun menjadi keriput, kepala bertambah besar. Dan pada ibu hamil yang mengalami komplikasi tertentu yang mengakibatkan janin harus keluar sebelum waktunya, janin bisa saja hidup akan tetapi hanya sebentar saja karena bayi belum benar-benar matang dan belum siap untuk hidup diluar kandungan. Maka dari itu ibu hamil harus benar-benar menjaga janinnya dan kesehatanya sampai masa persalinan nanti. Pada bualan ini bayi bertambah panjangnya yaitu 30-32 cm.

7 bulan
Panjang janin sudah mencapai 35 cm, dan pertumbuhanya pun mulai terlihat dengan adanya kulit yang bewarna merah yang suda mulai tertutupi oleh lemak. Kelak lemak ini akan sangat berguna jika bayi lahir sehingga dapat membantu menghangatkan tubuh bayi. Jika bayi lahir pada masa ini bayi sudah dapat bernafas, dapat menagis tapi pelan danlemah dan masih membutuhkan penangann yang lanjutjika bayi lahir pada usia ini.

8 bulan
Kulit merah dan keriput itulah perkembangan yang terjadi pada usia ini.panjang janin sudah bertambah menjadi 46 cm.

9 bulan
Pada usia 9 bulan semua organ tubuh bayi sudah terbentuk semua, muka bayipun menjadi lebih berseri dan tidak keriput lagi. Panjang janin pada usia ini yaitu 46 cm.

10 bulan
Bayi sudah cukup bulan dan matang, padabulan ini rambut pada kuli kepala tumbuh menjadi lebat, kulit menjadi licin, lemak yang banyak, organ-organ tubuh yang terbentuk menjadi lebih baik. Jika janin ini pria maka pembentukan alat kelamin pria sudah terbentuk baik begitu pun dengan janin wanita. Panjang sudah mencapai yakni 50-55 cm.
Itulah tahapan pertumbuhan bayi di dalam kandungan, jika bermanfaat bantu share ya bunda terima kasih.

0 Response to "Tahapan Pertumbuhan Bayi Di Dalam Kandungan"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel