6 Manfaat Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini pada Bayi Baru Lahir

Setelah bayi lahir hal yang penting untuk dilakukan adalah melakukan Inisiasi Menyusui Dini. Inisiasi Menyusui Dini ini masih belum diketahui oleh sebagian ibu, apalagi untuk ibu yang masih muda yang belum berpengalaman dalam hal ini, karena itu saya akan membahas seputar informasi mengenai Inisiasi Menyusui Dini. Inisiasi Menyusui Dini adalah suatu tindakan meletakkan bayi dengan posisi tengkurap  diatas perut atau dada ibu agar bayi bisa mencari sumber air susu ibu. Secara alamiah bayi akan bisa menemukan sumber air susu ibu ini karena baunya sama dengan cairan ketuban jadi bayi akan mengenali dengan mudah sumber air susu ibu, dan pada umumnya bayi akan berhasil melakukan Inisiasi Menyusui Dini selama 30-60 menit.

6 Manfaat Pentingnya  Inisiasi Menyusui Dini pada Bayi Baru Lahir

Inisiasi Menyusui Dini penting sekali untuk dilakukan karena mempunyai banyak manfaat baik dari ibu ataupun bayi. Berikut ini beberapa manfaat dari Inisiasi Menyusui Dini :

1. Proses Inisiasi Menyusui Dini dengan cara skin to skin yaitu melekatkan bayi langsung ke kulit ibu, hal ini bermanfaat untuk menghangatkan tubuh bayi agar tidak kedinginan.
2. Dengan melakukan proses Inisiasi Menyusui Dini, bayi dapat memperoleh Kolostrum. Kolostrum adalah air susu yang pertama kali keluar setelah bayi lahir biasanya air susu ini berwarna kuning dan kental yang berbeda dari air susu biasanya. Kolostrum sangat berguna sekali untuk bayi karena mengandung zat kekebalan tubuh yang sangat diperlukan untuk tubuh bayi.
3. Inisiasi Menyusui Dini merupakan tahapan awal keberhasilan dalam ASI Eksklusif, ASI Eksklusif adalah menyusui bayi dengan air susu ibu tanpa menggunakan makanan pendamping ASI sampai bayi berusia 6 bulan.
4. Melakukan Inisiasi Menyusui Dini akan terjalin kasih sayang antara ibu dan bayinya, dan ibu juga akan lebih tenang saat menyusui bayinya.
5. Inisiasi Menyusui Dini dapat menambah produksi air susu ibu sehingga setelah itu ibu dapat menyusui bayinya secara eksklusif.
6. Saat bayi melakukan Inisiasi Menyusui Dini, bayi memperoleh bakteri baik dari kulit ibu sehingga bayi kebal terhadap bakteri di lingkungan sekitar bayi.

Itulah 6 Manfaat Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini pada Bayi Baru Lahir, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan para orang tua khususnya ibu agar dapat melakukan Inisiasi Menyusui Dini setelah proses persalinan. Terima kasih.

0 Response to "6 Manfaat Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini pada Bayi Baru Lahir"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel