Bahaya Obesitas Pada Anak Yang Wajib Diketahui

Ketika seorang anak terlihat gemuk para orang tua justru lebih suka dan bahagia karena anak akan terlihat lucu saat anak mereka terlihat gemuk. Tapi siapa sangka, dengan kegemukannya itu justru mempunyai dampak yang sangat negatif pada anak tersebut. Maka dari itu, di dalam artike kali ini saya akan mengulas mengenai Bahaya Obesitas Pada Anak.

Bahaya Obesitas Pada Anak Yang Wajib Diketahui
pic by tika_riandy
Pengertian Obesitas, obesitas adalah suatu kondisi tertumpuknya lemak pada tubuh yang berlebihan. Obesitas dapat terjadi pada siapa saja termasuk terjadi pada anak.

Diantara penyebab obesitas sebagai berikut ;
1. Pola makan yang salah 
Pola makan yang salah dapat diakibatkan oleh pengetahuan yang kurang, hal itu disebabkan karena orang tua yang kurang mengetahui tentang komposisi makanan yang benar.
2. Kurangnya aktivitas fisik
Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan kegemukan, sebab lemak yang tertumpuk tidak terbakar oleh tubuh.
3. Keturunan
Keturunan juga ikut andil dalam masalah obesitas pada anak, jadi jika keluarga anda keturunan obesitas sebaiknya perlakukan anak dengan pola makan yang sehat dan olahraga teratur.

Bahaya yang dapat ditimbulkan saat anak menjadi obesitas antara lain :
a. Sama halnya dengan orang dewasa, obesitas juga dapat menimbulkan beberapa penyakit yang serius pada anak yaitu seperti darah tinggi, sulit bernafas, penyakit diabetes, serta penyakit  jantung.
b. Anak yang mengalami obesitas akan sulit melakukan aktivitasnya sehari-hari, untuk itu ajarkan anak untuk berolah raga secara teratur, kurangi  main game dan bermain komputer karena dapat membuat anak menjadi malas untuk melakukan aktivitas fisik.
c. Obesitas dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh anak.
d. Pada sebagian anak, obesitas dapat mempengaruhi kondisi mental anak. Anak akan cenderung rendah diri dan menjadi pendiam karena keadaan fisiknya.
e. Anak akan menjadi cepat lapar jika diberi porsi sedikit yang tidak seperti biasanya. 

Untuk menghindari terjadinya obesitas pada anak maka sebaiknya sebagai orang tua, haruslah menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat untuk anak yaitu dengan cara makan makanan yang bergizi, banyak makan sayuran dan buah-buahan, menghindari makanan atau minuman yang manis, olahraga secara teratur, dan menghindari makanan yang berminyak. Hal ini juga dapat diterapkan pada anak yang sudah mengalami obesitas. Peran orang tua sangat berpengaruh pada kondisi anak, oleh karena itu banyak-banyaklah membaca artikel kesehatan agar dapat menambah wawasan anda sebagai orang tua. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "Bahaya Obesitas Pada Anak Yang Wajib Diketahui"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel