Penyebab Serta Bahayanya Mendengkur Saat Tidur

Cukup mengganggu sekali, saat teman disebelah anda mendengkur saat tidur. Tentunya andapun akan terganggu jika terdengar suara dengkuran tersebut, terlebih lagi jika dengkuran itu bertambah keras suaranya, mau tidak mau pasti anda akan sulit untuk memejamkan mata. artikel kali ini cukup mengasikkan, karena fenomena ini kerap kali terjadi dilingkungan sekitar kita. Banyak sekali yang belum mengetahui penyebab seseorang mendengkur saat tidur dan bahayanya mendengkur saat tidur.

Penyebab Serta Bahayanya Mendengkur Saat Tidur

Pengertian Mendengkur

Mendengkur atau yang sering kita kenal dengan sebutan ngorok adalah suatu kondisi yang terjadi akibat adanya gangguan pada sistem saluran pernafasan sehingga menimbulkan suara atau bunyi.

Alur Terjadinya Mendengkur

Mendengkur ini terjadi karena adanya tarikan dan hembusan nafas saat tidur, pada kondisi ini terjadi penyempitan pada otot-otot saluran nafas sehingga membuat lidah akan bergerak kebelakang mulut menuju aliran nafas dan menimbulkan getaran. Getaran itu sangat berlawanan dengan anak lidah dan langit-langit pada mulut seseorang. Ketika seseorang tertidur lelap otot-otot itupun dalam kondisi yang sangat rileks sehingga menyebabkan seoserang akan berusaha semakin keras  untuk menghirup udara untuk memenuhi kebutuhan oksigen, karena adanya usaha yang keras untuk menghirup udara, maka dari itu terjadilah kondisi yang dinamakan mendengkur.

Penyebab Mendengkur

1. Adanya gangguan pada hidung

Ketika seseorang mengalami flu, pasti akan sulit untuk bernafas. Terlebih lagi, jika seseorang itu sedang tidur maka mereka yang mengalami flu akan mengambil dan menghembuskan nafas dengan sangat keras, karena itulah seseorang mendengkur saat tidur.

2. Adanya gangguan pada tenggorkan

Kondisi mendengkur akan lebih parah pada orang yang sedang mengalami gangguan pada tenggorokan. Sebagai contoh, saat seseorang mengalami penyakit amandel dia akan mendengkur saat tidur, dikarenakan saluran pernafasan akan mengecil sehingga dapat menyebabkan dengkuran.

3. Bertambahnya Usia

Seiring bertambahnya usia akan membuat seseorang tidur mendengkur, hal ini dikarenakan otot-otot mengalami kelenturan pada sistem saluran pernafasan sehingga menyebabkan saat usia tua seseorang akan mengalami mendengkur saat mereka tidur.

4. Kegemukan

Kegemukan terjadi karena adanya penumpukan lemak didalam tubuh termasuk penumpukan lemak pada daerah leher yang nantinya akan menghambat udara yang masuk dan keluar dalam sistem pernafasan sehingga orang gemuk rata-rata akan tidur mendengkur.

5. Posisi tidur

Posisi tidur juga akan membuat seseorang mendengkur, posisi yang sering membuat orang mendengkur adalah posisi tidur terlentang. Pada posisi ini gaya berat akan menekan saluran pernafasan sehingga menyebabkan dengkuran.

Dampak bahaya akibat tidur mendengkur

Tidur dengan mendengkur ternyata juga bisa berakibat fatal, maka dari itu jangan remehkan kondisi ini. Dalam dunia medis tidur dengan mendengkur merupakan tanda dari adanya gangguan pernafasan, biasanya disebut dengan Sleep Apnea. Sleep Apnea adalah kondisi henti nafas saat seseorang tidur, meski seseorang itu kelihatan bernafas tapi sebenarnya tidak ada oksigen ataupun udara yang masuk kedalam tubuh sehingga sangat fatal sekali jika terjadi Sleep Apnea ini.

Tidur mendengkur juga mengakibatkan banyak penyakit seperti tekanan darah tinggi, stroke, diabetes serta penyakit jantung. Timbulnya penyakit ini karena minimnya suplai oksigen yang masuk kedalam tubuh sehingga menyebabkan adanya penyakit tersebut.
 

Kiat-kiat untuk menghidari tidur mendengkur

1. Jika anda mengalami gangguan hidung dan tenggorokan segera obati gangguan tersebut dengan cara memeriksakan diri ke dokter, agar anda nantinya tidak mendengkur saat tidur. 
2. Ganti posisi tidur dengan cara tidur miring, karena pada posisi ini akan membantu anda untuk tidak tidur mendengkur.  
3. Pola tidur teratur akan membantu anda tidak mendengkur saat tidur.

Jadi setelah membaca artikel ini, jangan anggap remeh jika seseorang mendengkur saat tidur karena itu merupakan adanya gangguan kesehatan. Informasikan pada teman dan kerabat anda tentang bahayanya tidur mendengkur, agar teman dan kerabat anda lebih antisipasi dan melakukan pencegahan terhadap tidur mendengkur. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "Penyebab Serta Bahayanya Mendengkur Saat Tidur"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel