Pengalaman Mengatasi Susah BAB Atau Sembelit Pada Balita

ibubayicare | Pada artikel kali ini saya sedikit berbagi pengalaman tentang susah BAB pada balita, balita terkadang susah mengalami buang air besar yang menyebabkan dia akan cerewet atau bahkan menangis tanpa tahu sebabnya, orang tua pastinya harus mencari tahu kenapa balita tersebut rewel, jika balita tersebut terlihat mengejan namun tidak buang air besar mungkin saja ia kesulitan mengeluarkannya karena feses yang padat

Pengalaman Mengatasi Susah BAB Atau Sembelit Pada Balita

Balita umumnya akan bab 1 hari sampai 2 hari sekali jika lebih dari itu kita wajib khawatir, sebelum balita mengalami buang air besar orang tua harus memberikan pencegahan supaya tidak terjadi sembelit, sembelit pada balita banyak terjadi karena makanan ataupun minuman yang dimakan oleh balita

Di antara yang menyebabkan sembelit pada balita adalah :
1. Susu formula yang tidak cocok
2. Kurangnya asupan air minum
3. Baru mengenal makanan padat
4. Kondisi tertentu seperti alergi

Pengalaman yang saya alami pada balita saya adalah susah BAB lebih dari 5 hari, dia sepertinya selalu mengejan namun tidak kunjung keluar, dari segi makanan sudah memberikan asupan serat maupun air minum, pada kala itu balita saya tidak mau minum ASI ibu sehingga susu formula lah yang iya minum, karena kegemarannya minum susu tanpa sadar hal itu membuat iya susah BAB, memang pada saat itu saya baru berganti produk susu bukan karena coba-coba namun karena stok susu merk tersebut yang biasa diminum habis stoknya

Saya bingung ketika melihat anak saya tidak bisa mengeluarkan feses nya atau buang air besar, dan saat saya raba pada bagian perut terasa keras penuh terisi, berbagai inisiatif pengobatan saya lakukan seperti memberikan air minum yang lebih, merendamnya di air hangat, mengajak ya aktivitas lebih dan lain-lain namun usaha tersebut tidak langsung memberikan dampak

Saya bersama suami mendiskusikan nya, karena memang saya sendiri adalah tenaga kesehatan bidan, saya berusaha searching dan berbekal pengalaman yang saya miliki saya memberikan penanganan pertama pada sembelit bayi saya, mungkin teman-teman and-1 dah tahu ketika mengobati anak sendiri itu berbeda dengan mengobati pasien, jika anak sendiri rasanya tidak tega atau kurang begitu berani entah itu kenapa

Kemudian saya ke apotek untuk membeli obat pencahar feses yang digunakan khusus untuk bayi, sebut saja produknya microlax, obat ini biasa saya pakai ketika mengobati pasien dan bekerja melunakkan feses sehingga balita akan mudah mengeluarkan feses nya hanya kurang dari 1 jam sudah bisa BAB

Lalu langsung saja saya bersama suami memberikan obat tersebut pada anus bayi saya yang sedang susah BAB, tidak semua obat saya masukkan kira-kira hanya setengah dari isi volume tersebut, setelah 30 menit berlalu paska diberi obat ternyata dia mulai mengejan, selang 15 menit iya memberikan respon bahwa iya telah bab tanpa menangis dan rewel

Benar saja feses yang keluar sangat padat dan ada besar, fesesnya juga sangat banyak tidak seperti biasa, semenjak itulah pengalaman ini menjadikan pelajaran dan pengalaman

Namun jika penahanan sendiri tidak kunjung berhasil jangan ragu dan segera membawa ke dokter untuk ditangani lebih lanjut, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

0 Response to "Pengalaman Mengatasi Susah BAB Atau Sembelit Pada Balita"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel