Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi

Bayi sangat rentan sekali terhadap suatu penyakit, dengan kondisi daya tahan tubuh yang lemah membuat bayi akan mudah tertular penyakit. Pilek adalah penyakit yang sering diderita oleh bayi, di tambah lagi dengan kondisi lingkungan yang tidak mendukung maka akan membuat virus-virus penyebab pilek yang masuk kedalam tubuh bayi. 

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi

Pilek adalah suatu penyakit disebabkan oleh virus rhinoviruses dan choronaviruses yang menimbulkan peradangan pada daerah hidung dan tenggorkan yang ditandai dengan keluarnya cairan yang banyak dari hidung yang bewarna putih jernih, terkadang kekuningan sampai kehijauan. Dengan keluarnya cairan tersebut maka itu akan dapat mengganggu pernafasan bayi anda, oleh karena itu para orang tua harus tau cara mengatasinya.

Cara mengatasi pilek pada bayi 


Cara mengatasi pilek pada bayi yaitu dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1. Penguapan   

Hidung yang beringus akan membuat bayi akan mengalami sulit bernafas, hal ini dapat dibantu dengan melakukan penguapan pada bayi yaitu dengan cara sediakan air panas yang dimasukkan dalam wadah atau ember, kemudian masukkan tetesan minyak telon pada air panas tersebut. Lakukan penguapan pada bayi dengan menempatkan bayi telungkup pada tangan anda kemudian biarkan bayi menghirup uap tersebut.

2. Jaga kehangatan bayi 

Menjaga kehangatan bayi dapat diilakukan dengan cara tidak menempatkan bayi diruangan ber AC, ketika akan tidur olesi badan bayi dengan menggunakan minyak telon agar tubuh bayi terasa hangat sehingga tidak memperparah kondisi pileknya.

3. Mandi air hangat 

Jika bayi sedang pilek sebaiknya mandikan bayi dengan menggunakan air hangat, kemudian keringkan lalu olesi dengan minyak telon supaya badan tetap hangat.

4. Bersihkan cairan hidung 

Saat cairan pilek sudah mengeras, sebaiknya bersihkan dengan air hangat menggunakan kapas. Lakukan pembersihan dengan pelan-pelan agar tidak terjadi iritasi pada hidung bayi.

5. Jangan sembarangan memberikan obat pada bayi 

Memberikan obat sembarangan pada bayi sangat tidak disarankan, sebaiknya anda konsultasikan pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.

6. Mengatur posisi tidur 

Mengatur posisi tidur bayi sangat penting sekali karena kan membantu melegakan sistem pernafasanya. Mengatur posisi tidur dapat dilakukan dengan cara menempatkan kepala bayi lebih tinggi dibandingkan dengan tubuhnya dan atur posisi bayi dengan tidur miring melawan hidung yang tersumbat.

Pilek ini umumnya memang dapat diderita oleh bayi, meskipun pilek ini tidak mengkhawatirkan akan tetapi anda sebagi orang tua jangan menganggap remeh penyakit ini. Hal ini di karenakan  ada beberapa tanda-tanda yang harus diwaspadai ketika bayi sedang pilek, terlebih lagi jika pilek itu disertai dengan deman lebih dari 39oC, batuk, nafas cepat, dan pileknya tidak sembuh-sembuh maka yang harus segera anda lakukan adalah pergi ke dokter untuk memeriksakan keadaa bayi anda.
Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel