Penyebab Terlambatnya Datang Bulan Dan Cara Mengatasinya

Terlambatnya datang bulan pada wanita, kerap kali dikaitkan dengan adanya kehamilan. Terlebih lagi saat wanita sudah memiliki pasangan, hal yang pertama kali akan dilakukan pastinya akan melakukan tes kencing untuk memastikan bahwa dirinya tidak sedang hamil karena telat datang bulan atau menstruasi. Menstruasi adalah suatu kondisi yang terjadi akibat tidak adanya pembuahan sehingga dinding Rahim akan meluruh berupa darah, dan selama tidak ada pembuahan jangan khawatir akan terjadi kehamilan.

Penyebab Terlambatnya Datang Bulan Dan Cara Mengatasinya

Terlambatnya datang bulan banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor dan tidak hanya kehamilan saja yang bisa dikaitkan dengan terlambatnya datang bulan atau menstruasi. Sebelumnya, untuk memastikan anda terlambat menstruasi anda harus memahami siklus haid anda terlebih dahulu. Apakah anda mempunyai siklus pendek, panjang, teratur ataupun siklus yang tidak teratur. Jadi, anda harus memahami pola menstruasi anda setiap bulannya. 

Faktor penyebab terlambatnya datang bulan pada wanita

Faktor-faktor yang mempengaruhi terlambatnya datang bulan pada wanita sangat berbeda-beda, hal ini dikarenakan kondisi tubuh wanita berbeda dengan wanita yang lainya. Faktor penyebab tidak datangnya haid antara lain :

1. Masa Pubertas 

Wanita yang pertama kali mendapatkan menstruasi pada masa pubertas kerap kali terlambat datang haid pada tahun-tahun pertamanya, karena pada masa ini sistem hormonal masih tidak seimbang.

2. Masa Menopause 

Pada masa ini sel telur wanita sudah tidak bisa merespon signal dari sistem hormonal lagi, secara otomatis pada masa menopause ini wanita tidak akan mengalami proses menstruasi dengan seiring bertambahnya usia mereka.

3. Kehamilan 

Naluri alamiah wanita memang benar, datang terlambat haid memang cukup benar jika dikaitkan dengan kehamilan karena salah satu tanda dari kehamilan adalah telat datang haid. Akan tetapi untuk memastikannya anda perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti USG ke dokter serta melakukan tes kencing untuk memastikan kalau anda sedang hamil.

4. Stress 

Kondisi stress juga ikut andil dalam mempengaruhi terlambatnya datang bulan terhadap wanita, karena saat seseorang mengalami stress, maka keluarlah hormon stress yang nantinya akan menekan hipotalamus. Hipotalamus ini merupakan pusat kontrol dalam tubuh sehingga jika hipotalamus ini terganggu maka akan mempengaruhi beberapa kondisi dalam tubuh termasuk pola menstruasi.

5. Pengaruh KB hormonal 

Saat wanita menggunakan KB maka yang sering terganngu adalah pola menstruasinya. Gangguan pola menstruasi tersebut biasanya berupa flek darah sedikit, terkadang juga menyebabkan tidak timbul menstruasi.

Cara mengatasi terlambatnya datang haid 

Terlambatnya datang haid memang sangat mengganggu pada sebagian wanita, dan untuk mengatasinya anda harus tau penyebab yang menjadi masalah terlambatnya datang haid. Adapun cara-cara untuk mengatasi terlambatnya datang haid anatara lain :

 1. Hindari Stress dengan cara pergi ke tempat-tempat yang nyaman, atau jika anda mempunai masalah sebaiknya konsultasikan kepada orang yang dapat menjaga masalah anda.
2. Jika anda mengalami haid yang tidak teratur saat menggunakan kontrasepsi hormonal, maka sebaiknya konsultasikan kepada bidan atau dokter kandungan.
3. Melakukan pola hidup yang sehat dengan cara makan-makanan yang bergizi, dan olahraga yang  teratur. 
4. Jika anda mengalami gangguan haid, tetapi penyebabnya bukan dari penyebab yang telah dijelaskan tadi, sebaiknya anda langsung mengkonsultasikan ke dokter kandungan untuk memastikan penyebabnya dan cara mengatasinya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "Penyebab Terlambatnya Datang Bulan Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel